Sabtu, 27 Oktober 2018

Pengalaman Jadi Volunteer Asian Para Games 2018

Hallo cuy, hahaha

Akhirnya, bisa bikin post baru cuy, setelah sekian lama jarang bahkan tak pernah bikin entri baru. Biasa cuy, bumbu bumbu malas sama sibuk ngurus kuliah kemarin, apalagi skripsi yang bikin ngehhhhh. Tapi Alhamdulillah cuy, kemarin sudah wisuda. Mau lihat fotonya nggak ,,?? tenang cuy besuk gue post, tpi ini gue mau share dulu tentang kemarin jadi volunteer Asian Para Games di Jakarta , siapa kita INDONESIA cuyy,

Guayaa ya,, yang nulis sok happy, puaaadahalll wkwkwkw. Anjirrr


Ok, langsung saja cuy, gue akan ceritakan pengalaman tentang sebulan yang lalu. Kita mulai dari mana enaknya cuy,, ?? dari hatimuuu ... eaaaa. oh damn it. sialan...

Mulai dari pendaftaran cuy, awalnya iseng-iseng aja, looo tau nggak ..? form pendaftaranya.. reibet dan banyak cuyy. anjirr. lo butuh ktp, skck, pas foto, foto full badan, ketentuan background foto sampe pertanyaan2 banyak yang mungkin bisa gue katakan yaa.. kaya interview cuy, tapi dalam bentuk tulisan. mau tahu pertanyaanya ..? skip ajalah kelamaan. wkwkw pokoknya susah lah cuy, loo kira gampang daftar jadi volunteer, tahu tahu lo nongol di event terus lo cuma bilang ,,
cuma volunteer. cuma disuruh bantu bantu aj itu kerjanya. stop cuy. jadi volunteer andai lo tahu tak semudah yang loo bayangkan cuy. Apalagi event sekalas internasional cuy, bukan volunteer tingkat rt, desa, atau ormas, atau lainya cuy. Awal pendftaran aja, lo buka formnya pasti kalo nggak ada niat daftar pasti loo skip. udah males isi isi kaya gituu. hmm.

Guee beruntung, Alhamdulillah lolos pendaftaran. loo tau yang daftar berapa dan yang cuma diambil berapa.? nggak tau kann, yang daftar 17.000 cuy, dari sumber yang gue baca, terus yang di ambil cuma 8000 cuy, buayaaaangkannnn anjirrr wkwkw. salah satunya gue, Alhamdulillah.

Pendftaran selesai cuy, terus kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu, Pelatihan jadi volunteer cuy, karena 8000 volunteer, pada tahap ini di bagi 4 batch, 1 batch selama 1 hari.  dan tempat di Jakarta. Kala itu gue batch 4 atau terakhir dan lokasinya di LSPR atau The London School of Public Relations lokasinya di Menteng, Jakarta Pusat. 

Alhamdulillah. pada pelatihan ini kita di ajarkan how to threate difable person cuy .. lo tau sendiri lah di event ini kan, orang orang luar biasa para athlete nya, nahh kita di ajarkan cara memperlakukan atau melayani mereka dengna baik cuy, pada pelatihan ini sumpaaahhhh, pertama gue masuk ruangann, nggak bisa ngomong banyak, merenung lamaaaa. dan gue katakan ternyataaaaaa. Bersyukurlah wahai engkauuu.

Singkat cerita selasai pelatihan batch terkhir, sebenarnya banyakkk cerita cuyyy perjalanan gue menuju tempat ke tempat yang lain sampai gue terpaksa nggak mandi cuy pas GT atau general training, asal loe tahuu wkwkw. kapan kapan gue bikin ceritanya, yang ini secara umum saja.

Lnjut, setelah GT selasai, capekk cuyy wkwkw, pulang jam 18.00 malam. seharian kita GT. Mungkin ada sebagian orang tanya lo dari mana ..? tinggalnya bagaimana ..? transportnya ? dresscodenya apa ..? capek cuy kalo suruh cerita detailnya , lagian loo nggak mungkin baca semua kalau gue nulis banyak wkwkw.

Singkat cerita, gue pas pendaftaran milih devisi Ceremony sama Accreditation cuy, akhirnya gue lolos yang Accre. Setelah GT kita lanjut disuruh ikut dan wajibnya hkumnya itut DT cuy atau Devision Training atau latihan lebih spesifik dari GT, training divisi. Karna gue masuk devisi Akre gue masuk yang DT Akre, kan banyak cuy, sekedar sharing, tidak semua volunteer sama jobnya ada yang devisi akre, ada devisi, catering, ada devisi transport, ada devisi venue, sport dan lainya. setiap devisi mempunyai job job seendiri. Nah gue devisi Akre, akre pun di bagi lagi cuy, ada akre bandara yang paling gokil atau bisa dibilng paling mewah cuy, soalnya di bandara, bisa ketemu semau athlete, official, media yang mau ikut event ini. Ada akre di venue cuy maksudnya berarti mereka tuganya di gate venue. lo tau nggak cuy akre itu apaaan ? devisi akre secara singkat tugasnya berhubungan dengan siapa saja sih orang-orang yang ikut berpatisipasi dalam event ini, dari athlete, official, media, volunteer, tamu undangan, kontraktor, cara tahunya dengan memberi id card keikutsertaan Asian Para Games 2018. dan kartu ini sangan vital cuy, kalo nggak punya kartu id atau lebih sering disebut kartu APGIAC, loo pasti bukan bagian dari event ini atau bisa dikatakan cuma penonton.

Goodrich Hotel

Contoh APGIAC punya temenku, punyaku belum difoto :d
lanjut cuy, gue akre bandara, tugasnya ngapain dibandara, tugasnya ngasih APGIAC ke orang orang yang terlibat dalam APG 2018 semisal atletnya dari luar negeri, atau officialnya, atau tamu undangan luar negeri atau media resmi dari negara yang berpatisipasi. Nggak asal ngasih cuy, ada syarat ketentuan berlaku wkwk, pertama harus ada letter invitation dari INAPGOC resmi, menunjukan passport dan lainya pokoknya. gue share fotonya cuy, akre bandara Soekarno Hatta terminal 2 pos 2, kenapa ada terminal 2 pos 2 ..?karena bandaranya ada 3 terminal cuy juga setiap terminal ada banyak gate nya jadi kaya pos gue, di terminal 2, kedatangan dari luar negeri semua. gini cu sekedar sharing lagi. bandara soetta ada 3 terminal, terminal 1 buat penerbangan domestik, terminal 2 dan 3 penerbangan Internasional. nah gue ada di terminal 2, karena di term banyak gate, ada 6 gate cuy, paling banyak, terus di bagi 3 pos, setiap 1 pos ngawasi kedatangan 2 gate.

Terminal 2 POS 2





Sebenarnya fotonya buanyyakk cuy, tapi itu udah mewakili lahh. Gue akre di bandara mulai tgl 30 septemberber cuy, sedihnya anak akre bandara cuy , pertama nggak bisa ikut opening Asian Para Games 2018 cuy di Gelora Bung Karno, terus apalagi ya, itu ajalah wkwkwk sisanya nonton PRAMUGARI cuyy lo kebayang nggak cuy lihat pramugari pesawat luar negeri wkwkwk... just kid cuyy haha. ohiya cuy pas akre dibandara lo bisa tokoh ternama indonesia, atau artis atau syiekh terkadang cuy, haha kaya kemarin ketemu, itu siapa mantan suami Nafa Urbach, Zack Lee terus Habib siapa itu lupa aku,, hmm Ali Zaenal Abidin terus tokoh politik lamaa Henry Yosodiningrat dan lainya lah cuy cuma sekedar hiburan.

Selebihnya lain hari cuy, gue share lagi tenanggg. kaya foto pas jadi akre venue sitting volley ball di tennis indoor senayan.

1 komentar: