Selasa, 15 Januari 2013

Cerpen Pergi Tak Kembali

                                                                        Nama              : Fatahillah Al Malik
No.                  : 17
Kelas        : XII IPA4


PergitakKembali

          Hariyang cerah,mataharitersenyumdengansinarnya yang menghangatkankehidupan.langit yang birudihiasiawan-awanputihnampakindahdanmenyejukkanhati. Burung-burungpunberkicauanmenyambutdimulainyaharibaru.
          Seorangremajaberjalanlesudenganpenyesalannampak di wajahnya.Diamerasakecewakarenatidakmeneruskanbelajar di sekolahfavoritnyasetelah lulus dari SMP N 1 Kintamani,Bali. Diabernama Tama.
          Pagiitu Tama hendakberangkatkesekolahbersamatemannya.Diaduduk di bangkukelas X SMA N 6 Denpasar,Bali. Sekolah yang sebenarnyatidakdiinginkannya.Tama adalahsiswa yang cukuppintartetapidiapemalas. Di sekolahdiakenaldenganseorangwanitabernamaAmi,temansatukelas yang kinimenjaditemandekatnya. Ami anak yang solehahdantaatberibadah.Merekamemilikihubungan yang sangatdekat,kedekatanmerekaberlanjutsampaikeduannyanaikkelas XI. Kebetulan Tama dan Ami memilihjurusan yang samayaitu program IPA. Di kelas XI merekadipertemukankembalidalamsatukelas.Kebersamaannyamenimbulkanbenih-benihcintadiantaramereka,tetapihubunganmerekahanyasebatassahabatsaja. Semakineratpersahabatanmakasemakinbanyakmasalah yang menghadang.Akhirnyatimbulbanyakmasalahdiantaramereka. Ami yang tidakinginpersahabatannyahancurmemilihuntukmenjauhiTama,begitu pula dengan Tama yang memilihuntukmenyendiri.
          Saatduduk di kelasXI,Tamamempunyaitemanbaru,seorangwanita yang menarikperhatiannyasejakkelas X lalu. Diaseringmemperhatikandanmemandanginyadarijauhkarenabelumsalingkenal.Tetapisekarangwanita yang dikaguminyaitukinimenjaditemanakrabnya.WanitaitubernamaNina,diabanyakmengajarkanhal-halbarukepadaTama,hal-halyang belumpernahialakukan. Nina sangatmerubahhidup Tama.Hubunganakrabmerekamenimbulkanbanyakfitnahdariteman-temannya.Temannyamenyangkabahwamerekaberduaberpacaran,tetapikenyataannyatidakbegitu.
          Sebenarnya Tama sudahmemilikikekasih,seorangwanita yang dikenalnyasaatawalpendaftaranmasuk SMA yaitu Ana. Tama dan Ana sudah lama menjalinhubungantersebut.Hubunganmerekaberjalansepertibiasa,hinggaakhirnyahubunganmerekaharuskandas di tengahjalankarenakurangnyakomunikasikeduanya .Setelahitu Tama mulaimelupakan Ana danmemilihuntukdekatdengan Nina.
          Sore hariketika Tama melamunsendiritiba-tibamunculwajah Nina dipikirannya,diapunlangsungmenghubungi Nina.
          “ Sore,besukadatugasapa? ”,Tanya Tama melaluipesansingkatnya.
          “ Sorejuga,kayaknyanggakadatugas ”,jawab Nina dengansedikitkeraguan.
          Kedekatanmerekaterusberlanjuthinggaakhirnya Tama mengungkapkanperasaan yang selamainidiapendam.
          “Tau nggak!Sebenarnyaakusudah lama memperhatikanmu,bahkansebelumakumengenalmu”,kata Tama denganhatiberdebar-debar.
          Walaupunsedikitmalu Nina jugamenjawabdanmenceritakanperasaannyasaatitu.SamasepertiTama,sebenarnya Nina daridulujugaseringmemperhatikan Tama. Dari situlahhubunganmerekasemakintakterpisahkan.
          Haridemi haribergantikehidupan Tama mulaiberubahsemenjakiakenaldengan Nina. Diamerasamendapatkankenyamananbersama Nina.Walaupunbanyakperbedaanantaramerekatetapitidakmenggoyahkanhubungan yang merekajalanikarenamerekaberduamemilikisatupedomanhidup. “Perbedaanlah yang membuatkitasama”. Kata-kata itrumenjadiprinsipkebersamaan yang merekapercayai.
          Saat di sekolah,Tamaterlihatlesudanlemas. Nina yang mengetahuihalitumulaimengkhawatirkankeadaan Tama.Sering kali Tama diajaknyauntukberobattetapidiaselalumenolakajakanitudeganberbagaialasan.
          Senjahari Tama duduk di depanrumah,saatitudiamerasakanpusing yang teramatsangatdisertaimunculnyadarahdarihidungnya. Dari dulu Tama memangmenderitapenyakit yang cukupmengkhawatirkan.Tidakbanyakteman yang mengetahuipenyakitnyaitukarenadiaterkesanuntukmenutupdirinya,bahkan Nina belumtahuapapenyakit yang diderita Tama.
          Hubungan Tama dan Nina semakindekat,walaupunsalingsukamerekatidakinginberpacarandahulusampaikelulusanresmidarisekolahdiumumkan. Takterasaharicepatberlalu,saatliburpanjangkenaikankelas XII banyakcobaan yang menghadangkedekatanmereka. Salah satunyamasalahkomunikasidiantarakeduanya.Setelahbeberapahari Tama tidakmenghubungiNina,hal yang tidakdiinginkanpunterjadi. Nina yang dulunyaperhatiankinimulaimenjauhi Tama.Liburpanjangitumembawapetakapadakedekatanmereka.
          Pagiharisaataktifitasbelajardimulailagi Tama dan Nina sudahduduk di kelas XII.Hariitu Tama melihatjelasperbedaan yang dialami Nina sahabatnyaitu, Nina mulaimenjauhdankelihatanmenutup-nutupisesuatudari Tama.Sesungguhnya Tama mengetahuiapa yang terjadipada Nina. Tama diberitahuTyotemansebangkunya,bahwa Nina sudahmemilikitemandekatbarumungkinjugaitukekasihbarunya. Mendengaritudiahanyatersenyumdanturutbahagiatetapidalamhatidiamerasasangatkecewa,diatidaktahuapa yang harusdilakukannya.
          Malamharisebelumtidur Tama memikirkankesalahanapa yang pernahdiperbuatnyahinggasahabatnyaitumenjauhinya. Diamerasakecewadanjugakesal, 4 bulanberlalutanpaadasenyumsedikitpundariwajah Nina yang ditujukanuntuk Tama.Tama mulaimerasakansakitpadahatinya yang diakibatkanmenjauhnya Nina darihidupnya.
          “Apakahmungkindiatulangrusukku?”,pikir Tama sambilmemegangrusuk yang melindungihatinya yang sakit.
          Keesokanharinyasaatsemua orang beraktifitasdanparapelajarberangkatsekolah,Ibu Tama mulaikhawatir.
          “Bangun…!Tidakbiasanyakamutidurselelapini”,teriakIbu Tama sambilmengetukpintukamar Tama. Tidakadarespondanjawabandaridalamkamar.Ibunyasemakinbertambahkhawatir.PintupunterbukasendiridanIbu Tama masukmendekatiTama yang tertidurlelap.Dibangunkananaknyasecarahalus,tetapi Tama tidakbergeraksedikitpun. Ditariknyatubuh Tama daritempattidur.Diaterkejutmelihattempattiduranaknyapenuhdengandarah.Tidaktahuapa yang terjadiIbunyasemakincemas. Tubuh Tama dingin,kakudanpucat. Ibu Tama seketikaitulangsungberteriakhisterisdanmenangis.Anak yang sangatdicintainyasudahpergimeninggalkannya.Tama pergiuntukselamanya.Diapergimeninggalkantanya. Kesalahanapa yang telahdiaperbuat.
          Mendengar Tama meninggal Nina dantemandekat Tama hanyabisabersedihdan Nina sedikitmenyesal.Hariitutanggal 6 DesembertepatulangtahunTama,dia di semayamkanbersamapenyesalandansebuahpertanyaan yang kinimasihmenjadimisteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar