Jumat, 22 Mei 2015

Kamu Termasuk Seorang Sahabat yang Bagaimana ..

Sahabat adalah segalanya. Segalanya untuk diri kita,kadang bisa seperti keluarga ketika semua berkumpul menjadi satu tertawa bercanda makan bersama maen bersma itulah sahabat menjadi keluarga, kadang seperti saudara ketika pergi berdua sesama laki-laki sesama perempuan karena tidak bolah pergi berduaan lak-laki perempuan ketika jalan berduaan sahabat seperti saudara, kadang juga seperti anak ketika kita memberi tahu suatu nasihat itu baik itu buruk, kadang juga bisa menjadi musuh ketika kita berselisih dengan sahabat kita, tapi jangan sampai ya ..

Kita hidup didunia sudah di pastikan lah pasti membutuhkan yang namanya seorang sahabat,untuk semuanya ketika maen kita butuh sahabat ketika pergi mesti ngajak sahabat meskipun ada yang lebih baik bersama keluarga tapi kebanyakan sekarang lebih banyak orang yang bisa dikatakan lebih memilih sahabat atau seorang teman daripada keluarga kita. Semisal kita pergi membeli sesuatu lah pakaian atau membeli handphone misal,orang akan lebih banyak mengajak seorang teman daripada mengajak salah satu anggota keluarganya. Semisal lagi
lah kakak kita menyuruh kita untuk mengantar ke pasar di waktu yang bersamaan ada sms atau telepon temen perempuan kita atau laki-laki kita mengajak main bersama,pergi kemanalah suatu tempat, menurut saya biasanya mereka akan lebih memilih yang namaya pergi bersama teman daripada memilih keluarga. biasanya sih.

Berapa banyak teman anda ? Apakah mereka selalu ada dalam dekat anda? kemudian apakah mereka sudah layak anda anggap seorang teman atau sahabat ? kemudian apakah mereka sudah membawa kita ke jalan yang lurus atau mereka malah membawa anda kejalan yang berkelok-kelok atau jalan yang belum tentu tahu arah tujuan ? masya allah. Sahabat dalam riwayat Bukhari di ibaratkan seperti tukang minyak wangi dan tukang pandai besi artinya tukang minyak wangi kita bersahabat dengan orang-orang baik pasti kita akan terkena bau minyak yang wangi kita akan terkena kebaikan-kebaikan tersebut tetapi sebaliknya bila kita mendekati tukang besi berteman dengan orang-orang jahat kita akan terkena percikan-percikan api tersebut sehingga bau kita seperti tukang pandai besi kita kan terkena dampak kejahatan keburukan orang tersebut. Kemudian dalam riwayat yang lainya, teman atau sahabat yang paling baik adalah mereka yang selalu menegurku menasihatiku tatkala aku berbuat salah artinya apabila seseorang dalam berbuat atau melakukan sesuatu yang slah mereka selalu menegurnya memberi nasihat yang benar kepadanya.

Lain-lain teman zaman sekarang ada seorang teman yang hanya ada dalam kesenangan ketika bersedih terpuruk dalam masalah dalam kehidupanya justru pergi meninggalkanya, ada teman yang baik didepan pas ketemu sok sok senyum sok kenal sok baik pokoknya sok sok an lah pas dibelakang mengumbar keburukanya mengumbar sisi lemahnya mengumbar kekuranganya masya allah.. ada temen yang selalu ngajaknya ke hal hal yang negatif ayo mabuk ayo nyabu ngebir ngajaknya maksit-maksiat,inilah seorang teman yang selalu mengajak keburukan mengajak maksiat kesenangan dunia mengajak ajaran setan dan kita harus menghindarinya kalau kita tidak bisa menyadarkanya biarkan yang di atas membukanya.

Seorang temen yang baik adalah mereka yang selalu ada selalu dekat dengan kita selalu mengajak kesesuatu yang positif bukan sekedar mengajak melangkah berjalan bersama-sama menghadapi urusan dunia tapi selalu bersama-sama mengajak ke surga melangkah meraih menggapai surga bersama. Eh kamu tadi sudah sholat ? eh kamu tadi sudah sedekah infaq, hari ini gimana ada masalah ? perlu bantuan ? selalu semangat yaa ..

Dengan demikian sudah selayaknyalah kita selalu berusaha menjadi sahabat yang baik,sahabat yang berguna,sahabat yang selalu bersama bukan untuk urusan dunia melainkan juga urusan akherat surga menjadi tujuan bersama,menjadi sahabat yang selalu mengajak kebaikan untuk teman-teman kita. Dan untuk teman-teman yang masih dalam kesenangan kemaksiatan mereka sebenarnya menjadi tugas kita agar bisa menyadarkan kemudian mengajak untuk bertobat dan berbuat dalam kebaikan. Sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar